Hetalia: Axis Powers - Liechtenstein

Saturday 28 November 2015

Pengantar Akuntansi Keperilakuan



Pengantar Akuntansi Keperilakuan

Akuntansi adalah suatu proses pencatatan yang memberikan informasi keuangan yang relevan dan tepat waktu yang disampaikan kepada pihak internal perusahaan maupun pihak eksternal perusahaan untuk pengambilan keputusan. Pihak internal yang menggunakan informasi akuntansi yaitu staf perusahaan yang melihat laporan akuntansi sebagai dasar pembiayaan, investasi, dan pengambilan keputusan. Sedangkan pihak eksternal seperti pemegang saham, kreditur, serikat buruh dan lembaga pemerintah.
Pengambilan keputusan ini berupa perencanaan perusahaan di masa yang akan datang, sehingga ketika perusahaan menjalankan rencana tersebut tidak akan mengalami kendala. Dalam membuat suatu keputusan bisnis juga melibatkan keperilakuan manusia untuk pengambilan suatu keputusan bisnis. Sehingga akuntansi informasi mempengaruhi keputusan bisnis dan perilaku manusia.

Dimensi Akuntansi Keperilakuan
Akuntansi keprilakuan berada dibalik peran akuntansi tradisional yaitu mengumpulkan, mengukur, mencatat dan melaporkan informasi keuangan. Jadi dimensi akuntansi berkaitan dengan perilaku manusia dan juga dengan desain, konstruksi, serta penggunaan suatu system informasi akuntansi yang efisien. Akuntansi keprilakuan, mempertimbangkan hubungan antara perilaku manusia dan system akuntansi yang menceminkan dimensi sosial dan budaya manusia dalam suatu organisasi.
Lingkup Akuntansi Keperilakuan
Lingkup akuntansi keperilakuan sangat luas. Termasuk aplikasi ilmu perilaku terhadap sistem informasi akuntansi, studi reaksi manusia terhadap format dan isi laporan keuangan, cara informasi diproses untuk membantu dalam pengambilan keputusan, Pengembangan teknik-teknik pelaporan untuk komunikasi data kepada penggunanya, pengembangan dan strategi untuk memotivasi dan mempengaruhi perilaku, inspirasi dan tujuan orang-orang yang menjalankan organisasi.
Lingkup akuntansi keperilakuan di pecahkan menjadi tiga bagian yaitu:
1.      Pengaruh antara perilaku manusia terhadap desain, kontruksi, dan penggunaan sistem akuntansi yaitu bagaimana sikap dan filosofi manajemen mempengaruhi sifat dasar pengendalian akuntansi dalam suatu organisasi
2.      Pengaruh sistem akuntansi terhadap perilaku manusia yaitu bagaimana sistem akuntansi mampu untuk mempengaruhi Motivasi, Produktivitas, pengambilan keputusan dan kerjasama.
3.      Metode untuk prediksi mengubah perilaku manusia yang berarti bagaimana cara sistem akuntansi yang digunakan dapat mempengaruhi perilaku manusia.

Lingkup dan ilmu keperilakuan
Ilmu keperilakuan mencakup bidang riset manapun yang mempelajari baik melalui metode ekperimen maupun observasi perilaku manusia dari segi fisikal dan lingkungan social. Yang perlu dipertimbangkan dalam lingkup akuntansi keperilakuan agar dianggap sebagai ilmu harus memenuhi dua kriteria:
1.      Riset harus berkaitan dengan perilaku manusia
2.      Riset yang dilakukan harus ilmiah dan ada usaha sistematis untuk menggambarkan, menghubungkan, menjelaskan dan memprediksi fenomena perilaku

No comments:

Post a Comment